Copywriting adalah seni menulis yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca melakukan tindakan tertentu (persuasif). Kemampuan copywriting menjadi penting di era digital seperti sekarang. Keberadaan informasi yang masif membuat seseorang dengan keahlian copywriting banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Artikel ini akan mengulas tentang 5 formula atau teknik copywriting yang sering digunakan.
AIDA (Attention, Interest, Desire, Action)
Formula copywriting AIDA merupakan teknik copywriting yang paling terkenal dan sering digunakan, baik untuk copywriting produk atau caption. Formula copywriting AIDA terdiri dari 4 langkah:
Attention (Perhatian): tarik perhatian pembaca menggunakan judul atau pernyataan yang menarik dan mengejutkan
Interest (Minat): bangun minat pembaca dengan cara menjelaskan benefit yang akan didapat atau menceritaan kisah yang relevan
Desire (Keinginan): buat pembaca seolah-olah ingin memiliki produk atau layanan dengan menunjukkan bagaimana produk/layanan tersebut dapat memenuhi dan menyelesaikan masalah pembaca.
Action (Tindakan): ajak pembaca mengambil tindakan lanjutan untuk memilki produk, seperti mendaftar, membeli, atau menghubungi lebih lanjut.
PAS (Problem, Agitate, Solve)
Formula copywriting PAS adalah teknik copywriting yang selanjutnya. Formula ini menitikberatkan pada pemberian solusi atas masalah yang dihadapi pembaca. Terdiri dari 3 langkah:
Problem (Masalah): identifikasi masalah apa yang sering dialami pembaca
Agitate (Agitasi): buat masalah seolah-olah menjadi urgensi dengan memaparkan konsekuensi atau dampak negatifnya.
Solve (Penyelesaian): berikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut yang mana mengarah pada produk atau layanan kamu.
4U (Urgent, Unique, Useful, Ultra-specific)
Formula copywriting yang satu ini akan membuat copywriting kamu menjadi lebih menarik dan relevan dengan pembaca. Langkahnya terdiri atas:
Urgent (Mendesak): paparkan alasan mengapa pembaca harus menindaklanjuti masalah yang dihadapi sekarang juga.
Unique (Unik): highlight bagian tawaran yang membuat kamu berbeda dari lainnya.
Useful (Bermanfaat): jelaskan manfaat apa saja yang akan didapat oleh pembaca.
Ultra-specific (Sangat Spesifik): jabarkan secara mendetail dan spesifik agar terlihat lebih meyakinkan.
FAB (Features, Advantage, Benefits)
Teknik copywriting FAB bertitik tumpu pada penjelasan sehingga cocok digunakan untuk copywriting produk atau layanan. Formula copywriting FAB terdiri dari 3 langkah, diantaranya:
Features (Fitur): jelaskan karakteristik atau fitur yang dimiliki oleh produk atau layanan kamu.
Advantages (Keunggulan): sebutkan pula keunggulan dari fitur-fitur tersebut.
Benefits (Manfaat): tunjukkan manfaat apa yang akan diperoleh oleh pengguna.
BAB (Before-After-Bridge)
Formula copywriting terakhir ini membantu pembaca merekonstruksikan perubahan positif yang akan mereka dapat jika menggunakan produk atau layanan. Langkahnya terdiri dari:
Before (Sebelum): beri gambaran situasi sebelum menggunakan produk atau layanan kamu.
After (Setelah): beri penjelasan manfaat yang diperoleh setelah penggunaan produk atau layanan.
Bridge (Jembatan): tunjukkan bagaimana produk kamu bisa jadi jembatan atau solusi dari situasi “before” ke “after”.
Itu tadi 5 formula copywriting yang bisa meningkatkan penjualan bisnis kamu. Jika kamu ingin belajar copywriting dan tidak suka video pembelajaran berdurasi lama dan bertele-tele, ada satu platform yang cocok untuk kamu. FitAcademy menyediakan berbagai kursus, termasuk kelas copywriting yang banyak dicari industri dengan konsep microlearning. Jika kamu ingin mencari tahu lebih banyak tentang FitAcademy, kunjungi laman berikut ini.