Adaptasi adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh makhluk hidup untuk berubah dan menyesuaikan diri sesuai dengan tempat dan kondisi dimana mereka berada. Kemampuan ini termasuk aspek penting bagi makhluk hidup terutama manusia. Mengapa kita harus beradaptasi dengan lingkungan? Hal tersebut merujuk pada hakikat hidup manusia sebagai makhluk sosial yang mana mereka membutuhkan orang lain dalam kehidupannya. Oleh karena itu, kita diharuskan untuk memiliki kemampuan beradaptasi supaya bisa survive dalam kehidupan ini.
Adaptasi dalam dunia kerja merupakan fenomena yang sering kita temui sebagai seseorang yang sudah dewasa. Kita diharuskan untuk bercengkrama dan mengenal individu-individu baru dari berbagai latar belakang dan karakter berbeda. Suasana dan peraturan-peraturan yang ada di perusahaan juga mewajibkan kita untuk terbiasa dengan sistem kerja yang ada. Namun, terkadang kita menemui kesulitan untuk beradaptasi, apalagi jika itu menyangkut hal di bidang profesional. Nah, untuk kamu yang punya kesulitan untuk beradaptasi di lingkungan kerja yang baru, gak perlu khawatir, beberapa cara di bawah ini bisa membuat kamu beradaptasi dengan mudah.
Dengar dan Amati
Sebelum kamu mengambil langkah pertama untuk terlibat dengan interaksi yang ada di lingkungan kerja barumu, ada baiknya jika kamu melakukan observasi terlebih dahulu dengan lingkungan dan situasi yang ada. Dengarkan bagaimana rekan-rekan kerja barumu berinteraksi satu sama lain dan amati setiap karakter-karakternya. Dengan melakukan observasi ini, kamu bisa lebih tau bagaimana harus bersikap dan bertindak.
Ketahui Budaya Kerja
Observasi ini juga termasuk tentang bagaimana kamu memahami kultur perusahaan dalam bekerja. Bagaimana sistemnya, bagaimana work-flow-nya, apa nilai-nilai yang dianut perusahaan, semua yang berkenaan dengan perusahaan perlu kamu ketahui dan pelajari sehingga kamu bisa meminimalisir terjadinya kesalahan terkait dengan perusahaan baru tempat kamu bekerja. Setelah kamu mengetahui kultur perusahaan ini, kamu bisa memadukannya dengan gaya kerja kamu sendiri. Cari alternatif yang paling bisa membuat kamu nyaman sehingga produktivitas kamu tidak terganggu.
Ambil Peran Dalam Kelompok
Ambil inisiatif untuk berinteraksi dengan rekan kerja kamu. Dengan ini, kamu bisa menjalin hubungan baik dengan rekan kerja di lingkungan baru. Ini merupakan salah satu cara untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Dekati rekan kerjamu dengan bertanya soal pekerjaan yang tidak kamu mengerti atau bertanya tentang pengalaman mereka. Jadilah pendengar yang baik dengan menunjukkan antusiasme terhadap apa yang mereka bicarakan. Ikut berpartisipasi dalam aktivitas tim seperti proyek atau pertemuan juga sangat membantu dalam membangun hubungan dengan rekan kerja. Jika kamu memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerjamu, maka dapat dipastikan pula kamu akan merasa nyaman di tempat kerja.
Jadi Pribadi yang Aktif Bertanya dan Meminta Feedback
Kamu bisa bertanya mengenai tugas, prosedur kerja, maupun harapan yang diinginkan oleh perusahaan pada atasan dan rekan kerja. Dengan bertanya kamu otomatis akan membuat suatu interaksi. Maka, pastikan kamu meninggalkan kesan yang baik saat bertanya seperti bertanya dengan sopan dan menanyakan hal-hal penting yang tidak membuat orang kamu tanyai menjadi kesal.
Mintai pula pendapat mereka terkait pekerjaan yang kamu lakukan ataupun cara untuk berperilaku di perusahaan. Seperti yang kita ketahui, setiap perusahaan pasti memiliki kultur yang berbeda, maka kebiasaan orang-orang di dalamnya juga akan berbeda. Oleh karena itu, dibutuhkan seseorang yang sudah mengenali kultur tersebut untuk memberi masukan.
Fleksibel dengan Perubahan
Jangan menjadi orang yang kaku dan terlalu idealis dalam lingkungan kerja baru. Menjadi pribadi yang idealis sebenarnya bukan termasuk sikap yang salah. Namun, jika kamu memasuki dunia kerja, idealisme tersebut akan membuat kamu susah untuk bergaul. Jika kamu tetap ingin menjadi orang yang menjunjung idealisme tinggi, pastikan untuk tetap terbuka dan fleksibel dengan hal-hal yang ada di sekitarmu. Jadikan lingkungan kerja baru kamu untuk menantang dirimu sendiri akan perubahan yang ada.
Itulah 5 cara untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja baru. Tentunya tidak mudah dengan lingkungan baru tapi tidak ada salahnya untuk mencoba. Peran perusahaan juga tidak kalah pentingnya pada situasi demikian. Perlu adanya pendampingan dari perusahaan agar karyawan baru bisa merasa lebih nyaman di tempat kerja. Namun, terkadang pendampingan dan pelatihan tersebut terlalu merepotkan untuk dilakukan, apalagi jika perusahaan menerima karyawan baru yang jumlahnya banyak.
Oleh karena itu, FitAcademy hadir sebagai solusi untuk hal tersebut. Dengan mengusung konsep platform berbasis microlearning, perusahaan bisa melakukan pelatihan kepada para pegawainya dengan lebih efektif. Ditunjang dengan berbagai fitur seperti pembuatan anggota kursus yang mewadahi perusahaan untuk menyampaikan materi pelatihan pada para karyawannya sehingga mereka benar-benar terfokuskan untuk mempelajari satu topik saja.
Selain itu, perusahaan tidak perlu khawatir akan menyita banyak waktu karyawannya karena metode microlearning yang digunakan mengharuskan kreator untuk memecah konten pembelajaran menjadi potongan-potongan kecil dengan durasi pendek. Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa men-download aplikasi FitAcademy di PlayStore atau kunjungi halaman utama website https://fitacademy.id/.