KPI atau Key Performance Indicator adalah suatu indikator kinerja (metrik) yang berfungsi untuk mengukur pencapaian yang telah dicapai oleh perusahaan. KPI berbeda dengan KRA atau Key Result Area tetapi masih berhubungan. Key Result Area (KRA) adalah area kinerja utama yang ditetapkan oleh perusahaan untuk dicapai oleh tim. Kembali ke KPI, fungsi KPI perusahaan sendiri adalah untuk melihat apakah langkah-langkah yang telah dilakukan sudah sesuai dengan target atau tujuan dalam bentuk angka. Contoh KPI berbeda-beda tergantung tiap divisi. Misalnya divisi marketing, maka KPI yang diukur adalah KPI marketing.
KPI marketing adalah metrik untuk mengukur keberhasilan strategi marketing yang digunakan oleh perusahaan. KPI marketing terdiri dari tingkat konversi, tingkat pertumbuhan pelanggan, engagement, tingkat penjualan produk, Return of Investment (ROI), dan masih banyak lagi. Cara mengukur metrik pemasaran juga akan berbeda tiap aspek yang diukur. Misalnya, untuk mengukur tingkat engagement audiens, perusahaan akan melihat seberapa banyak like, komentar, share, atau interaksi di media yang digunakan untuk marketing. Untuk meningkatkan KPI marketing, ada 5 cara yang bisa kamu lakukan:
Tentukan Goals KPI yang Relevan
Langkah pertama untuk meningkatkan KPI marketing bisnis adalah dengan menentukan goals atau tujuan yang ingin dicapai. KPI marketing kamu haruslah relevan dan bisa diukur dengan mudah. Jika KPI kamu sulit untuk diukur, maka kamu juga tidak bisa menentukan apakah strategi marketing yang kamu gunakan memberikan efek yang berarti bagi perusahaan.
Analisis Data Secara Berkala
Analisis data ini digunakan untuk memahami tren dan pola kinerja strategi marketing. Analisis data harus dilakukan secara reguler agar data selalu update setiap harinya. Dengan melakukan analisis data, kamu juga bisa melihat area mana saja yang butuh dorongan marketing atau strategi yang kurang berhasil digunakan.
Memaksimalkan Teknologi Yang Ada
Hadirnya teknologi sangat membantu dalam mengukur KPI. Sekarang, sudah banyak tools yang ada di internet untuk membantu mengukur KPI, baik yang gratis ataupun yang berbayar. Tools seperti analitik web atau media sosial biasanya membantu kinerja mengukur KPI menjadi lebih mudah dan efisien. Data yang dihasilkan dari tools tersebut biasanya juga lebih akurat.
Integrasi Marketing Omnichannel
Kunci marketing adalah untuk menyasar target setepat mungkin. Oleh karena itu, dibutuhkan berbagi saluran atau media agar strategi marketing tersampaikan sesuai target. Penggunaan berbagai saluran akan membantu menjangkau target sebanyak mungkin. Gunakan omnichannel daripada multichannel agar pesan yang ingin disampaikan bisa selaras dan terhubung satu sama lain.
Buat Konten Berkualitas
Konten yang berkualitas dapat dinilai dari relevansi dan informasi yang ada di dalamnya. Selain itu, aspek menarik juga akan membuat konten lebih terekognisi oleh audiens. Dengan konten yang berkualitas, KPI marketing seperti engagement, retensi, dan konversi pelanggan dapat dicapai dengan lebih mudah.
Itu tadi 5 cara untuk meningkatkan KPI marketing perusahaan. Jika kamu mempunyai cara lain untuk meningkatkan KPI marketing, kamu bisa membagikannya dalam bentuk konten video di Fitacademy dengan menjadi konten kreator. Selain berbagi ilmu, kamu juga bisa mendapatkan tambahan uang dari konten video pembelajaran yang kamu bagikan loh! Yuk jadi konten kreator di FitAcademy sekarang dengan mengunjungi laman web fitacademy.id mengunduh aplikasinya di sini.