Semakin ketatnya persaingan bisnis, sebagai seorang pebisnis harus mengetahui apa itu kompetitor. Kompetitor adalah bisnis atau seseorang yang bersaing dengan bisnis yang Anda miliki. Bisnis dapat dikatakan sebagai kompetitor apabila memiliki beberapa aspek yang sama seperti produk yang memiliki fungsi serupa dan bergerak di bidang yang sama. Agar produk bisnis tidak kalah saing dengan kompetitor sebagai pebisnis perlu mengadakan analisis kompetitor. Dengan melakukan analisis kompetitor bisnis dapat memahami kompetitor / mengenal kompetior dan dapat digunakan sebagai sumber ide kemajuan bisnis. Berikut adalah sisi positif analisis kompetitor dalam pengembangan bisnis :
Mengenali harga pasar
Dengan melakukan analisis kompetitor kita dapat memahami harga yang dapat dipasang pada produk Anda. Apabila kompetitor memasang harga yang cukup mahal, Anda bisa lebih memurahkan produk selagi masih masuk dalam ketentuan harga yang bisnis Anda jalankan. Dengan memurahkan harga produk, konsumen akan memilih produk Anda yang memiliki fungsi yang sama daripada produk yang lebih mahal. Disini produk Anda lebih unggul di mata konsumen daripada produk yang dimiliki kompetitor.
Ide inovasi produk
Semakin ketatnya persaingan bisnis, semakin banyak inovasi produk yang muncul. Analisis kompetitor memiliki fungsi sebagai salah satu ide inovasi produk. Dalam persaingan bisnis inovasi produk akan menambah nilai produk di mata konsumen. Lakukan analisis produk dari segi kegunaan, estetika, dan juga bentuk. Semakin beragam kegunaan, bagusnya model produk, dan bentuk yang menyesuaikan maka akan semakin banyak konsumen yang melihat dan tertarik kepada produk Anda. Inovasi produk yang dilihat dari analisis kompetitor ini berguna untuk memunculkan ide baru untuk produk kedepannya dan sebagai revisi terhadap produk yang sudah ada.
Mengenali strategi marketing
Analisis kompetitor berguna untuk mengenali strategi marketing yang dijalankan oleh kompetitor. Agar bisnis dapat bertahan, diperlukan strategi marketing yang matang agar memenuhi target pemasaran. Pemasaran yang matang akan menaikkan omset penjualan produk secara signifikan. Cobalah analisis strategi yang digunakan kompetitor untuk pemasaran untuk memasarkan produk. Apabila strategi dianggap efektif untuk bisnis Anda maka gunakanlah strategi marketing tersebut, selalu perbarui strategi marketing agar bisnis Anda tidak tertinggal.
Memberi motivasi
Melihat bisnis yang berhasil akan membuat kita semangat dalam menjalankan usaha. Secara tidak langsung kita akan merasa semangat untuk bersaing ketika melihat bisnis dari kompetitor yang berhasil maka sebagai pebisnis akan termotivasi untuk melakukan hal yang sama agar setara dengan bisnis tersebut. Oleh karena itu dalam berbisnis lihatlah sisi positif untuk analisis kompetitor, karena itu merupakan kesempatan untuk membangun bisnis.kita melalui analisis kompetitor agar lebih baik kedepannya.
Persaingan sehat
Sisi positif dari analisis kompetitor adalah menumbuhkan persaingan yang sehat dalam dunia bisnis. Persaingan yang sehat adalah dimana perusahaan dapat membantu perusahaan ain dalam membangun bisnis. Contoh dari persaingan positif adalah kolaborasi antara dua perusahaan untuk memenuhi target penjualan. Kolaborasi ini dapat dilakukan dengan berbagai macam bentuk, seperti kolaborasi marketing, kolaborasi produk, bahkan kolaborasi event. Dengan melakukan kolaborasi akan tercipta persaingan yang sehat antar perusahaan.
Itu adalah 5 sisi positif analisis kompetitor. Jadi, tidak selamanya kompetitor itu buruk ya liners! Fit Academy menyediakan fitur untuk kursus ketenagakerjaan bagi perusahaan yang membutuhkan training karyawan loh! Dengan bergabung dengan Fit Academy training karyawan akan semakin mudah karena training yang dilakukan berbasis aplikasi yang dapat dilakukan dimana saja. Kunjungi website fitacademy.id dan download aplikasinya untuk melihat fitur yang lebih lengkap!
Author : Ardyta Sherly Rindhy Cantika