Menjadi seorang digital marketer tentunya tidak mudah. Ada target utama yang harus dicapai oleh digital marketer, yaitu menaikkan conversion rate dari berbagai channel promosi. Oleh karena itu, seorang digital marketer perusahaan harus tahu tentang beberapa tool yang berguna di bidang pekerjaannya.
Sumber: Mataweb
Apa itu tools? Jadi, tools adalah suatu alat (biasanya berupa platform) yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan seseorang di berbagai bidang, termasuk digital marketing. Penggunaan tools ini disesuaikan menurut fungsi dan tujuan yang ingin dicapai oleh masing-masing perusahaan. Misalnya, jika ingin menaikkan awareness produk, maka perusahaan bisa menggunakan manajemen ads sehingga jangkauan audiens lebih luas. Marketing tools ada 2 jenis, yaitu yang berbayar dan gratis. Biasanya, tools digital marketing gratis hanya memberikan fitur-fitur dasar sehingga jika ingin lebih berhasil dalam campaign lebih baik kamu menggunakan opsi berbayar karena fiturnya lengkap. Berikut ini, ada 7 tools untuk digital marketing gratis maupun berbayar yang dapat kamu gunakan untuk menaikkan peluang conversion rate audiens:
Google Ads
Tools untuk digital marketing yang satu ini dikeluarkan oleh perusahaan multinasional, Google. Fungsi Google tools yang satu ini adalah untuk periklanan kampanye digital yang dilakukan oleh perusahaan. Cara kerjanya adalah dengan menampilkan iklanmu sesuai dengan tujuan beriklan, yaitu mengarahkan ke toko online, website, atau halaman sejenis yang dimiliki perusahaan. Budget yang ada juga bisa disesuaikan sesuai budget perusahaan. Tipe audiens juga bisa diatur, apakah iklan ditujukan untuk audiens nasional atau internasional. Google tools yang satu ini sudah terbukti efektif meningkatkan visit rate audiens dan tergolong mudah untuk digunakan.
Meta Ads Manager
Marketing tools selanjutnya berasal dari perusahaan jejaring sosial Facebook yang dikenal dengan nama Meta Ads Manager. Cara kerjanya kurang lebih sama seperti Google Ads dimana kamu bisa mengatur tujuan campaign, budget, hingga jangkauan audiens. Bedanya, Meta Ads Manager hanya bisa digunakan di platform Facebook dan Instagram yang merupakan unit perusahaan Facebook.
Google Analytics
Google analytics adalah SEO tools dari Google yang berfungsi untuk melacak traffic website dan user behavior pengunjungnya. Dengan begitu, kamu bisa mendesain website perusahaan sesuai dengan kebutuhan dan apa yang diinginkan oleh audiens. Dengan marketing tools yang satu ini, kamu bisa mengetahui apakah pengunjung website kamu bertambah atau tidak dan informasi jenis apa yang dibutuhkan audiens.
Ahrefs
SEO tools yang satu ini bisa menjadi opsi bagi kamu yang mencari tools digital marketing gratis. Alasannya adalah karena tools ini memiliki opsi gratis yang memberikan fitur-fitur dasar seperti pencarian keyword dan analitiknya tetapi dengan limit tertentu, backlink analysis, hingga competitor analysis. Namun, tentu informasi yang didapatkan tidak selengkap versi berbayar sehingga jika kamu ingin menikmati fitur lebih lengkapnya, kamu bisa berlangganan tools ini.
SEMrush
Sama seperti Ahrefs, SEMrush juga merupakan SEO tools yang digunakan untuk meningkatkan traffic website secara organik. Untuk marketing tools yang satu ini tidak ada versi gratisnya sehingga jika kamu ingin menggunakannya harus berlangganan terlebih dulu. Kamu mungkin bisa mencobanya dengan terlebih dulu dengan fitur trial yang ada untuk menentukan kecocokan penggunaannya dengan cara kerja kamu.
Hubspot
Tools untuk digital marketing selanjutnya dapat digunakan untuk kebutuhan content marketing. Hubspot menyediakan berbagai fitur yang dapat membantu kamu untuk membuat, mendistribusi, serta mengukur keberhasilan konten. Hubspot dapat mengkoneksikan berbagai platform promosi yang kamu gunakan sehingga dapat mengembangkan bisnis kamu lebih cepat.
Hootsuite
Jika digital marketing perusahaan berfokus pada media sosial, maka Hootsuite bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin menaikkan conversion rate menggunakan bantuan tools. Di Hootsuite, kamu bisa mengatur postingan media sosial dari berbagai platform yang dimiliki perusahaan sehingga semua kerja kamu yang berhubungan dengan media sosial bisa dikelola hanya dengan satu tools. Ini sangat terbukti mengefektifkan pekerjaan yang ada.
Itu tadi 7 tools untuk digital marketing yang dapat membantu kamu untuk mengembangkan bisnis dan menaikkan conversion rate audiens. Jika kamu ingin mempelajari tools tersebut lebih dalam, seperti cara penggunaannya, kamu bisa melakukannya melalui FitAcademy. Platform belajar berbasis microlearning ini akan membuat kamu mudah memahami materi yang ada tanpa ada drama menunda-nunda belajar seperti tidak ada waktu. Konten materi yang dirancang efektif bagi pembelajar karena hanya berdurasi 3-4 menit ini akan membuat kamu terus merasa ketagihan untuk belajar. Penasaran dengan aplikasi ini? Kunjungi website-nya di FitAcademy.id untuk cari tahu lebih lanjut.