Apa itu strategi marketing? Strategi marketing merupakan strategi meningkatkan omset penjualan. Banyaknya inovasi produk membuat persaingan dunia pemasaran semakin ketat. Bersaing di dunia pemasaran yang ketat membutuhkan strategi marketing yang maksimal agar produk yang dipasarkan dapat unggul dari produk lainnya. Strategi yang digunakan untuk bersaing tersebut dinamakan strategi marketing. Strategi meningkatkan penjualan produk dapat dilihat dari 3 sisi yaitu perusahaan, produk, dan juga konsumen. Peningkatan omset penjualan produk dapat dilihat dari keberhasilan strategi marketing ketiga hal tersebut. Ada 8 Strategi meningkatkan omset penjualan produk, yaitu :
Produk berkualitas dan inovatif
Strategi meningkatkan penjualan produk paling ampuh adalah memperhatikan kualitas dari produk. Produk yang berkualitas tinggi akan membuat konsumen puas dengan apa yang mereka beli bahkan melakukan pembelian berulang. Namun, memiliki produk yang berkualitas juga kurang. Setelah memiliki kualitas yang bagus, cara menaikkan penjualan produk dengan cepat adalah melakukan inovasi pada produk yang akan dipasarkan sehingga produk tersebut mendapatkan tempat di pasar.
Lakukan riset berkala tren di pasaran
Strategi marketing untuk menaikkan omset penjualan yang selanjutnya adalah melakukan riset berkala. Sebagai pebisnis tentunya Anda harus peka mengenai tren di pasaran. Tujuan dari riset ini adalah mengetahui perubahan perilaku konsumen melalui tren yang berubah di masyarakat. Produk yang berkualitas akan kalah bersaing dengan produk yang mengikuti arus tren terbaru. Oleh karena itu, riset berkala merupakan cara meningkatkan omset dengan cepat.
Manfaatkan media sosial sebagai media pemasaran
Strategi meningkatkan omset penjualan pada media adalah menggunakan media sosial. Penggunaan sosial media sebagai media pemasaran dapat meningkatkan penjualan dengan cepat. Fitur pada social media dapat digunakan sebagai media pemasaran contohnya feeds pada Instagram dapat digunakan untuk penempatan katalog produk, fitur story di Facebook sebagai update mengenai produk yang akan launching, lalu live streaming di Tiktok untuk mempromosikan produk dengan menunjukkan produk secara langsung. Fitur iklan pada sosial media dapat digunakan untuk membantu bisnis Anda memperoleh audience dengan jangkauan yang lebih luas.
Gunakan trik psikologi marketing untuk menarik konsumen
Strategi marketing untuk menaikkan omset penjualan selanjutnya adalah menggunakan psikologi marketing. Psikologi marketing merupakan ilmu yang mempelajari psikologi pelanggan ketika membeli produk dari motif pembelian dan motif emosi yang menjadi dasar keputusan pelanggan untuk membeli produk tersebut. Trik psikologi marketing yang biasa digunakan adalah charm price, decoy price, diskon, dan produk eksklusif.
Penggunaan trik psikologi marketing ini sangat ampuh guna mempengaruhi konsumen untuk membeli produk Anda dan menaikkan penjualan produk dengan pesat.
Gunakan e-commerce untuk meningkatkan penjualan
Apabila ingin omset penjualan produk semakin naik, maka penggunaan e-commerce dapat digunakan sebagai media pendukung. E-commerce sendiri memiliki kelebihan dimana siapapun dapat menjangkau bisnis Anda tanpa harus datang langsung ke lokasi. Ada beberapa trik untuk membuat e-commerce memiliki performa yang bagus, yaitu sering menggunakan diskon pada harga, membalas testimoni dan memberi feedback secara langsung apabila terdapat kesalahan baik dari dalam maupun luar bisnis, terakhir adalah aktif membalas pesan dari pelanggan yang bertanya maupun konsultasi mengenai produk yang Anda jual.
Menggunakan social proof untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan
Bagaimana cara meningkatkan penjualan produk dengan cepat? Dalam strategi marketing terdapat Social proof yang merupakan testimoni secara langsung dari konsumen yang membeli produk Anda. Testimoni dapat berupa gambar, rating, dan review produk. Social proof memiliki kaitan erat dengan kualitas dari produk yang dijual. Oleh karena itu, untuk meningkatkan omset penjualan yang tinggi Anda harus memperhatikan social proof yang telah dilakukan oleh pelanggan Anda.
Tawarkan garansi produk
Cara menaikkan omset penjualan produk dengan strategi marketing dapat dilakukan dengan penawaran garansi produk. Penawaran garansi produk memberi kepercayaan kepada konsumen bahwa mereka membeli produk dengan kualitas terbaik dari uang yang mereka keluarkan. Pemberian garansi produk juga salah satu alternatif dari pebisnis untuk membangun citra dari produk yang dijual sehingga dapat menaikkan omset penjualan.
Customer service yang cekatan
Strategi meningkatkan penjualan produk yang terakhir adalah menyediakan layanan customer service. Pekerjaan dari customer service tidak hanya membalas pesan dari konsumen, namun juga memberi solusi bagi konsumen. Pelayanan dari customer service yang baik membuat konsumen nyaman saat konsultasi produk yang akan dibeli. Oleh karena itu, pelayanan customer service yang ramah, profesional, dan juga solutif dapat menaikkan omset penjualan dengan cepat.
Dengan menerapkan 8 strategi marketing di atas dijamin usaha Anda akan mengalami kenaikan omset dengan pesat. Masih ada banyak lagi strategi marketing yang dapat kalian cari, salah satunya kunjungi blog Fitacademy.id, di Fitacademy menyediakan modul ataupun konten yang akan sangat berguna untuk meningkatkan omset penjualan produk kamu lho!
Author : Ardyta Sherly Rindhy Cantika