Jika kamu merupakan anak baru di tempat kerja, pastinya akan wajib mengikuti kegiatan training karyawan. Selain untuk memperkenalkan lingkungan kerja baru, kegiatan training tersebut juga berguna untuk memberikan pengetahuan akan jobdesk posisi kamu. Biasanya, dalam program training karyawan ini, kamu akan didampingi oleh seorang mentor dan akan melakukan kegiatan mentoring secara berkala. Jika kamu masih asing dengan istilah tersebut, yuk baca terus artikel ini untuk memahaminya!
Pengertian Mentor
Mentor adalah sosok figur yang dapat memiliki pengetahuan dan pengalaman lebih tentang suatu bidang sehingga mampu memberikan bimbingan kepada orang lain yang sedang belajar. Tugas mentor selain melakukan bimbingan dan arahan serta berbagi pengetahuan dan pengalaman, ia juga memberikan dorongan emosional berupa motivasi kepada para anak didiknya.
Hadirnya mentor dianggap sangat bermanfaat, baik bagi perusahaan maupun karyawan baru. Manfaat mentor bagi perusahaan sendiri adalah ia membantu perusahaan mencapai tujuan yang diinginkan dengan cara membantu karyawan baru untuk mengeluarkan potensi terbaik dari dalam dirinya. Sedangkan, manfaat adanya mentor bagi karyawan baru adalah mereka bisa mendapatkan arahan yang jelas terkait posisi yang mereka lamar serta mempunyai rekan diskusi yang sudah berpengalaman di bidangnya.
Fungsi mentor ini sangat penting untuk memfasilitasi pembelajaran, pengembangan karir, serta pertumbuhan pribadi individu karena mereka menjadi sumber inspirasi bagi para mentee. Lalu, apa itu mentee?
Pengertian Mentee
Jika mentor adalah seseorang yang memberikan bimbingan, maka mentee adalah orang yang dibimbing oleh mentor. Dalam dunia kerja, mentee ini biasanya adalah karyawan baru yang masih memerlukan bimbingan dari seniornya untuk mengembangkan diri dan mempelajari bidang yang sesuai dengan posisinya. Seorang mentee haruslah aktif untuk belajar dari pengalaman dan arahan dari mentornya, baik untuk mencapai tujuan diri sendiri maupun profesional.
Pengertian Mentoring
Jika tadi dijelaskan mengenai mentor dan mentee, mentoring adalah kegiatan pembimbingan yang dilakukan di antara mereka. Mentor yang mempunyai kapasitas berupa pengetahuan dan pengalaman lebih mengenai bidang tertentu akan memberikan nasihat-nasihat serta dorongan kepada mentee yang masih belajar dan berkembang. Fungsi mentoring program ini adalah untuk mengembangkan karir atau biasa disebut karir mentoring, belajar, mengembangkan dan mengasah skill, melatih leadership skill, pembinaan sikap dan etika saat bekerja, serta meningkatkan produktivitas dan kinerja seorang mentee.
Beda Mentoring dan Coaching
Masih banyak orang yang masih bingung mengenai perbedaan antara mentoring dan coaching. Padahal, keduanya sangat berbeda dari segi tujuan dan durasi. Coaching bertujuan untuk membantu individu mencapai tujuan yang spesifik, seperti meningkatkan produktivitas kinerja. Sedangkan, mentoring bertujuan untuk membantu individu untuk mengembangkan diri secara keseluruhan, baik untuk keperluan profesional maupun diri sendiri, seperti membangun karir.
Dari segi durasi sendiri, coaching memiliki durasi yang lebih pendek karena tujuan spesifik yang ingin dicapai. Maka dari itu, program pelatihannya biasanya lebih terstruktur. Sedangkan, mentoring berjangka waktu lebih lama karena bersifat lebih fleksibel dan informal. Fleksibilitas tersebut dikarenakan adanya hubungan berkelanjutan yang terjalin antara mentor dan mentee.
Program mentoring di masa sekarang ini dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Jika kamu tertarik untuk mengembangkan karir kamu melalui program mentoring ini, aplikasi FitAcademy cocok jadi pilihan. Mengusung konsep platform belajar berbasis microlearning, FitAcademy memiliki sejumlah fitur yang membuat kamu kecanduan untuk belajar. Tidak perlu khawatir, di aplikasi ini juga ada fitur grup yang membantu kamu untuk dapat berdiskusi dan berkonsultasi dengan mentor secara daring sehingga mempermudah kamu dan juga mentor untuk mengatur waktu yang tepat. Yuk pelajari selengkapnya tentang FitAcademy dengan mengunduh aplikasinya di sini.