Admin

Inilah 8 Skill Yang Harus Dimiliki HRD Perusahaan

  1. Skill
Inilah 8 Skill Yang Harus Dimiliki HRD Perusahaan

Seperti yang kita ketahui, jika ingin melamar kerja di suatu perusahaan, pastinya kita akan membuat CV yang menarik untuk mencuri hati si recruiter atau pihak HR. HR atau Human Resources adalah sebuah posisi yang bertanggung jawab dalam merekrut, mengelola, dan mengevaluasi kinerja karyawan yang ada di suatu perusahaan. HR atau juga lebih dikenal sebagai Human Resource Development (HRD) ini mempunyai peranan yang sangat strategis. Tugas HRD sendiri tidak hanya terkait dengan rekrutmen dan pengelolaan karyawan saja, tetapi juga lebih kompleks seperti mengurusi gaji karyawan dan memberikan pelatihan kerja bagi karyawan baru.  

Banyak pelamar atau pencari kerja yang tertarik dengan posisi HRD ini. Alasannya pun terbilang macam-macam, mulai dari passion sampai gaji. Tapi, ternyata tidak mudah loh menjadi staf HRD di perusahaan. Banyak kompetensi yang menjadi syarat bagi seseorang untuk melamar di posisi tersebut. Lalu, apa saja skill yang harus dimiliki oleh seorang HRD?

  1. Komunikasi

Soft skill yang satu ini merupakan keahlian mendasar yang harus dimiliki oleh setiap orang jika ingin melamar kerja. Kemampuan dalam berkomunikasi dengan jelas, efektif, dan persuasif ke berbagai pihak adalah pondasi terciptanya hubungan antar rekan kerja. Selain lisan, skill komunikasi juga diperlukan secara tertulis untuk keperluan presentasi, pembuatan laporan, dan dokumen-dokumen penting lainnya. 

  1. Adaptasi

Fleksibilitas seseorang dalam kehidupan sosialnya juga menjadi kunci terciptanya suatu hubungan. Kemampuan adaptasi juga menjadi soft skill HRD yang paling dicari. Karena tugas HRD yang menangani masalah manajemen karyawan, maka orang yang ada di posisi ini haruslah seseorang yang memiliki karakteristik mudah bergaul. Dengan begitu, karyawan juga akan lebih mudah menceritakan keluh kesah atau saran untuk perkembangan perusahaan.

  1. Leadership

Skill HRD selanjutnya adalah kemampuan dalam memimpin, baik orang maupun proyek. Kemampuan yang satu ini menjadi penting karena tugas seorang HRD yang berkaitan dengan mendorong karyawan untuk memberikan kinerja maksimal untuk perusahaan. Seorang HRD harus bisa memotivasi, menginspirasi, serta mengerahkan para karyawan untuk dapat mencapai tujuan perusahaan.

  1. Skill Analitis

Kemampuan yang satu ini menjadi skill yang banyak dicari oleh perusahaan untuk posisi HRD. Kemampuan analitis ini terdiri dari kemampuan untuk mengumpulkan, menganalisis, serta menginterpretasikan data yang berkaitan dengan bidang manajemen SDM. Nantinya, data yang ada akan digunakan untuk menunjang keperluan karyawan perusahaan secara keseluruhan.  

  1. Manajemen Waktu

Seorang staf HRD biasanya memiliki jobdesk yang banyak dan memakan waktu yang tidak sedikit karena berhadapan dengan SDM. Oleh karena itu, manajemen waktu merupakan soft skill HRD yang juga jadi kemampuan penting jika kamu ingin melamar di posisi tersebut. Staf HRD harus bisa mengatur waktu seefisien mungkin, mengelola proyek, serta mengatur prioritas dari tugas-tugas yang dibebankan padanya.

  1. Problem-solving

Kemampuan dalam mengidentifikasi masalah, menganalisis sumbernya, serta memberikan solusi yang tidak hanya inovatif tapi juga praktis merupakan soft skill HRD yang dicari oleh perusahaan. Banyaknya masalah yang berkaitan dengan SDM mengharuskan seorang HRD untuk bisa menjadi penengah dan pemberi solusi untuk setiap masalah yang ada. Oleh karena itu, selain manajemen konflik dan problem-solving kerap kali menjadi satu paket soft skill HRD.

  1. Legal ketenagakerjaan

Pengetahuan hukum terkait ketenagakerjaan menjadi salah satu hard skill yang harus dimiliki HRD. Regulasi terkait gaji, negosiasi kolektif, pemutusan hubungan kerja, serta peraturan terkait perburuhan lainnya menjadi hal krusial bagi perusahaan. Oleh karena itu, hard skill tentang urusan legal ketenagakerjaan seringkali menjadi kemampuan yang paling dicari oleh perusahaan. 

  1. Pelatihan & Pengembangan

Keamampuan dalam merancang kurikulum pelatihan dan mengimplementasikannya ke dalam program pelatihan dan pengembangan karyawan merupakan soft skill yang biasa ditemui dari seorang HRD. Selain itu, penilaian kinerja dan evaluasi yang efektif juga termasuk ke dalam kemampuan dasar menjadi seorang HRD.


Skill yang dimiliki oleh HRD tidak hanya terpatok pada kedelapan kemampuan yang disebutkan sebelumnya. Terdapat banyak lagi kemampuan yang harus dimiliki jika kamu ingin bekerja di bidang HR. Jika kamu penasaran dengan skill lainnya atau informasi seputar human reource, kamu bisa menngunduh aplikasi FitAcademy. Dengan penjelesan yang singkat menggunakan metode microlearning, dijamin kamu tidak akan merasa bosan dalam belajar. Yuk download FitAcademy sekarang!  

Bagikan :

berhasil copy link
whatsapp logoinstagram logolinkedin logofacebook logo
Postingan Terkait