Product branding adalah cara untuk menciptakan ciri khas produk agar konsumen mengenali produk dibandingkan dengan kompetitor. Strategi product branding termasuk dalam strategi pemasaran dengan mengedepankan identitas produk seperti simbol, nama, dan kemasaan agar dapat diingat oleh konsumen. Product branding penting dilakukan agar dapat bersaing di era ketatnya dunia industri. Efek dari product branding adalah tingkat kesadarn yang meningkat dari masyarakat terhadap produk yang dipasarkan. Dilakukannya product branding akan menyebabkan produk memiliki daya saing tinggi dan meningkatkan omset penjualan bagi perusahaan. Berikut adalah 5 strategi product branding agar bisnismu tidak kalah saing :
Kenali target pasar
Cara melakukan branding produk yang pertama adalah mengenali target pasar yang akan dituju. Memahami target pasar akan memudahkan perusahaan untuk memetakan langkah apa yang akan dilakukan selanjutnya. Strategi product branding dengan mengenali target pasar juga akan membantu kita perusahaan untuk menentukan product branding yang sesuai dengan perilaku konsumtif konsumen dalam pembelian barang.
Inovasi produk
Dalam product branding utamakan penciptaan produk unik yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Produk yang unik dan berbeda dari yang lain akan memiliki daya tarik yang tinggi. Menghadirkan produk sesuai dengan kebutuhan dengan inovasi yang tinggi akan membuat produk lebih unggul dari kompetitor. Lakukan revisi secara berkala untuk memperbarui produk agar tetap dapat bersaing di industri bisnis.
Product branding digital
Cara melakukan branding produk selanjutnya adalah dengan melakukan product branding digital. Era digitalisasi yang sangat maju membuat bisnis harus terjun pada product branding digital. Melakukan product branding digital akan memperluas jangkauan pasar. Optimalkan product branding digital dengan memanfaatkan platform yang tersedia seperti website dan media sosial. Selain memperluas jangkauan pasar efek dari product branding digital ini adalah perusahaan dapat mengetahui tren pasaran dan digunakan acuan inovasi produk.
Brand Identity
Bersaing dengan product branding selanjutnya adalah penciptaan merek yang kuat untuk membuat masyarakat mengingat nama brand. Penciptaan merek yang kuat dapat dimulai dengan pembuatan logo, tagline, desain, dan juga warna produk.
Brand Ambassador
Strategi terakhir product branding adalah berkolaborasi dengan brand ambassador. Penggunaan brand ambassador disini berfokus pada penciptaan citra yang baik di masyarakat, meningkatkan kepercayaan, dan juga promosi produk. Dalam memilih brand ambassador untuk product branding pastikan tokoh tersebut relevan dengan produk dan juga memiliki nama di kalangan masyarakat.
Itu adalah 5 strategi product branding agar bisnismu tidak kalah saing. Masih ada banyak tips dan trik lain untuk mempertahankan bisnis agar dapat bersaing di kalangan kompetitor dengan mengunjungi Fitacademy.id!
Author : Ardyta Sherly Rindhy Cantika