Rancangan pembelajaran memiliki banyak ragam macam model. Terdapat 7 macam model rancangan pembelajaran, salah satunya ialah Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation atau biasa dikenal ADDIE. Fungsi dari model rancangan pembelajaran pun berbeda antara satu dengan yang lain, namun tujuan utama penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran ialah untuk merancang pengalaman belajar siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Dengan adanya model rancangan pembelajaran tentu akan memudahkan tenaga pendidik untuk membuat perencanaan pembelajaran yang terstruktur dan spesifik.
Model rancangan pembelajaran ADDIE memiliki struktur perencanaan yang baik dan mudah untuk diaplikasikan oleh tenaga pendidik. Maka dari itu banyak tenaga pendidik yang menggunakan model rancangan pembelajaran ini baik di tingkat sekolah maupun universitas karena mudah diaplikasikan. Dengan menerapkan rancangan pembelajaran ADDIE, tenaga pendidik akan membuat rancangan pembelajaran dengan mudah dan dapat disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Model rancangan pembelajaran ADDIE adalah model rancangan pembelajaran yang sistematis serta terstruktur yang terdiri dari lima tahap, yaitu:
Analisis (Analysis): Tahap ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan peserta didik, konten pembelajaran seperti apa yang akan digunakan, bagaimana karakteristik peserta didik dan lingkungan pembelajaran seperti apa yang akan dibentuk saat kegiatan belajar mengajar. Pada tahap ini juga tenaga pendidik menganalisis tujuan apa yang ingin dicapai pada akhir pembelajaran. Pada tahap ini juga dapat dilakukan asesmen untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang dibutuhkan dalam pembelajaran.
Desain (Design): Pada tahap ini tenaga pendidik mendesain rancangan pembelajaran sesuai dengan analisis yang sudah dilakukan dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik, mulai dari proses penentuan objek pembelajaran, konten apa yang akan digunakan dalam pembelajaran, dan lingkungan pembelajaran. Rancangan pembelajaran dibuat dengan mencakup tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran hingga evaluasi pembelajaran.
Pengembangan (Development): Tahap ini bertujuan untuk mengembangkan rancangan pembelajaran menjadi produk yang siap digunakan. Produk berupa modul pembelajaran, bahan ajar dan media pembelajaran.
Implementasi (Implementation): Tahap ini bertujuan untuk mengimplementasikan rancangan pembelajaran kepada peserta didik. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran dapat dilakukan secara tatap muka, online, atau blended learning.
Evaluasi (Evaluation): Pada tahap ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas rancangan pembelajaran. Disini tenaga pendidik juga dapat mengetahui apakah pembelajaran yang digunakan sudah efektif dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Tenaga pendidik juga dapat melihat sejauh mana pemahaman peserta didik terdapat materi pembelajaran yang sudah disampaikan, serta melihat hal-hal apa saja yang menjadi evaluasi di pembelajaran sebelumnya agar tak terulang di pembelajaran selanjutnya.
Model rancangan pembelajaran ADDIE merupakan model rancangan pembelajaran yang umum digunakan dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan, pelatihan, hingga pengembangan produk. Model rancangan pembelajaran ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu:
Pertama, Sistematis. Model rancangan pembelajaran ADDIE memiliki langkah-langkah yang sistematis dan terstruktur, sehingga rancangan pembelajaran dapat dibuat oleh tenaga pendidik dengan lebih efektif dan efisien.
Kedua, Terstruktur. Model rancangan pembelajaran ADDIE memiliki struktur yang jelas, sehingga rancangan pembelajaran dapat dipahami dengan lebih mudah baik oleh tenaga pendidik maupun peserta didik.
Terakhir, Fleksibel. Model rancangan pembelajaran ADDIE dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran yang berbeda-beda.
Dengan adanya model rancangan pembelajaran ADDIE, tenaga pendidik dapat membuat rancangan pembelajaran dengan mudah karena sudah terdapat model rancangan pembelajaran yang terstruktur dan mudah digunakan untuk membuat rancangan pembelajaran yang efektif dan efisien.
Author : Afina Az Zahra