Niche market adalah suatu segmen pasar yang lebih mengerucut dan terbatas. Jadi, produk atau layanan yang ada dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik kelompok konsumen tertentu. Dalam internet marketing sendiri, niche market diartikan sebagai audiens spesifik di ranah digital. Sehingga, konten-konten yang diciptakan merupakan konten yang ingin dilihat oleh audiens. Apabila suatu bisnis sudah mengetahui niche-nya, maka marketing dan penjualan produk atau layanan akan menjadi lebih mudah. Hal tersebut karena mereka sudah mengetahui dengan mendalam karakteristik dari target konsumennya.
Karakteristik Niche Market
Target Audiens Terdefinisi
Seperti penjelasan tentang niche market sebelumnya, niche market membuat target pasar lebih terfokus sehingga target audiens untuk memasarkan produk atau layanan menjadi lebih spesifik. Biasanya target audiens tersebut akan diidentifikasi berdasarkan beberapa karakteristik seperti jenis kelamin, kelompok usia, minat, hobi, kesukaan, dll.
Kualitas di Atas Kuantitas
Bisnis yang memasarkan produknya pada niche market akan lebih menekankan kualitas produk atau layanan daripada kuantitas. Hal ini karena target pasar niche market lebih kecil daripada target pasar yang umum. Selain itu, konsumen-konsumen yang ada dalam niche market juga cenderung membeli produk atau layanan karena mereka membutuhkan hal tersebut sehingga mereka mau membeli dengan harga berapapun.
Kompetitor Lebih Sedikit
Persaingan yang ada di niche market cenderung kurang intensif daripada pasar luas karena serangkaian faktor. Oleh karena itu, hal ini bisa dimanfaatkan oleh bisnis-bisnis yang ingin memasuki niche market. Mereka bisa menjadi pelopor atau pakar dalam segmen tertentu tersebut.
Fleksibilitas Strategi Pemasaran
Karena audiensnya yang terbatas, maka strategi pemasaran niche market pun biasanya lebih personal. Hal ini karena bisnis di niche market ingin membuat konsumen merasa lebih dekat dengan merek. Contoh strategi pemasaran yang biasanya digunakan oleh bisnis niche market adalah media sosial, konten-konten spesifikasi, atau KOL yang relevan dengan target audiens.
Ruang Berinovasi Terbuka Lebar
Karena produk dan layanan yang ada disesuaikan dengan kebutuhan targetnya, maka bisnis niche market juga lebih fleksibel dalam berinovasi. Ide-ide untuk pengembangan produk atau layanan akan lebih dihargai selama hal tersebut sesuai dengan kebutuhan spesifik konsumen.
Kelebihan Niche Marketing
Pesan Lebih Mudah Tersampaikan
Niche marketing memungkinkan pesan yang kita buat tersampaikan kepada target yang tepat karena seperti yang diketahui niche market adalah segmen yang lebih spesifik dan terfokus. Maka dari itu, tim marketing biasanya akan melakukan yang namanya riset audiens terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan, minat, dan masalah yang dihadapi oleh audiens sebelum membuat strategi komunikasi pemasaran.
Loyalitas Pelanggan Lebih Tinggi
Karena target market yang terkerucut, maka pelanggan dari bisnis di ranah niche market biasanya akan lebih loyal, baik dengan merek ataupun dengan produk. Faktor kesetiaan tersebut juga berasal dari personifikasi yang ditawarkan oleh produk atau layanan. Hal ini membuat konsumen merasa menjadi lebih dekat dengan merek sehingga mengarah pada hubungan yang lebih kuat.
Persaingan Lebih Sedikit
Kompetitor bisnis di niche market lebih sedikit daripada di pasar terbuka sehingga menyebabkan kesempatan untuk memimpin dan memperoleh pangsa pasar di bisnis dalam ranah niche tersebut menjadi lebih besar. Meskipun demikian, bukan berarti dalam niche market tidak ada kompetitor sama sekali. Oleh karena itu, bisnis harus tetap melakukan inovasi dan menjalin interaksi yang intens dengan konsumen.
Dukungan Komunitas Kuat
Konsumen niche market biasanya akan memiliki komunitas tertentu untuk mendukung minat mereka. Hal ini juga bisa berdampak pada kelangsungan bisnis. Jika bisnismu menjalin interaksi yang dengan komunitas yang sesuai dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan, mereka bisa jadi sumber dukungan dan referensi berharga. Umpan balik yang diterima dari komunitas tersebut juga bisa membuat produk atau layanan menjadi lebih sesuai dengan apa yang diinginkan oleh target market.
Kemampuan Meningkatkan Harga
Karena persaingan yang rendah, maka kemampuan untuk menjadi pemimpin dalam segmen menjadi lebih tinggi. Hal ini akan berdampak pada kemampuan kita dalam menaikkan harga menjadi lebih tinggi daripada pasar umum kebanyakan. Namun, tentunya tetap diikuti dengan kualitas dan spesifikasi yang sesuai pula.
Kekurangan Niche Marketing
Pasar yang terbatas
Segmen pasar yang spesifik dan terbatas seringkali membuat wirausahawan enggan untuk berbisnis di area niche market. Jumlah pelanggan potensial yang kecil juga membuat potensi pertumbuhan bisnis juga menjadi lebih rendah dibandingkan dengan pasar umum.
Rentan dengan perubahan
Karena niche market didasarkan pada spesifikasi kebutuhan suatu kelompok, maka perubahan minat dan kebutuhan dari konsumen sering membuat bisnis kewalahan. Preferensi pelanggan atau kondisi pasar membuat bisnis dalam niche market dituntut untuk selalu relevan dengan kebutuhan.
Sulit mencapai pangsa pasar yang besar
Perluasan skala bisnis dalam niche market cenderung lebih sulit. Hal tersebut dikarenakan bisnis niche market memiliki strategi pemasaran yang juga spesifik dan terbatas seperti target konsumennya. Maka dari itu, hanya bisnis tertentu saja yang bisa survive dalam niche market.
Pengeluaran pemasaran yang tinggi
Efisiensi pemasaran yang menjadi kelebihan dalam niche market tidak dibarengi dengan efisiensi pengeluaran yang menyertainya. Hal ini lagi-lagi karena target yang lebih spesifik dan terbatas membuat pemasaran yang juga harus disesuaikan sespesifik mungkin dengan kebutuhan audiens.
Itu tadi merupakan penjelasan mengenai niche market. Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang niche market dan istilah seputar bisnis lainnya, kamu bisa mengunjungi website Fitacademy.id atau mengunduh aplikasinya di Playstore. Dengan konten-konten pembelajaran berbasis microlearning, dijamin pembelajaran seputar bisnis atau hal-hal lainnya menjadi lebih menyenangkan dan tidak mudah bosan. Ayo download FitAcademy sekarang!