Kamu punya jiwa wirausaha yang tinggi dan ingin punya bisnis sendiri? Tapi bingung karena gak punya modal banyak? Mulai bisnis online aja! Bingung lagi karena kamu gak tau cara memulai usaha dari nol? Itu urusan gampang, ternyata belajar bisnis gak sesulit yang kamu kira kok!
Di artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara memulai bisnis dari nol. Jadi, gak perlu khawatir kalau masih pemula di bidang perbisnisan online. Kita akan kulik secara detail langkah-langkah dalam memulai bisnis baru. Ini dia 7 langkah mudah memulai bisnis online yang bisa jadi pegangan buat kamu:
Riset Pasar
Riset, riset, dan riset. Kenapa sih riset sepenting itu dalam semua aspek? Karena dari riset pasar, kamu bisa tahu barang atau jasa jenis apa yang dibutuhkan oleh target pasar. Selain itu, dari riset, kamu bisa memastikan bahwa strategi yang kamu lakukan bisa tepat sasaran. Jadi, jangan sekali-kali melupakan tahap awal yang jadi pondasi bagi bisnis kamu ini.
Lalu, hal-hal apa saja yang perlu dicari tahu saat riset pasar? Banyak, mulai dari apa yang dibutuhkan/diinginkan oleh masyarakat, siapa yang biasanya mengkonsumsi produk/jasa kamu, bagaimana kebiasaan mereka, dll,
Tentukan Platform Online
Nah, jika kamu sudah melakukan riset pasar, maka kamu akan lebih mudah menentukan hal-hal vital yang berpengaruh pada bisnis kamu, seperti platform apa yang digunakan untuk bisnis online.
Penentuan platform untuk menjual produk/jasa ini penting karena tiap platform punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, seperti metode pembayaran yang dilakukan dan fitur-fitur lain di dalamnya. Selain itu, sama seperti bisnis, tiap platform juga punya target audiensnya masing-masing. Jadi, dengan memilih platform yang sesuai, bisa meningkatkan peluang terjualnya produk kamu.
Buat Strategi Marketing
Belajar bisnis artinya belajar bagaimana menjual produk, bagaimana membuat strategi marketing yang tepat agar informasi produk bisa sampai ke target audiens hingga membuat mereka memutuskan untuk membeli produk.
Marketing bisnis online tentu tidak sama dengan marketing bisnis biasa. Internet memiliki peran penting dalam memasarkan produk jika bisnis berbasis online. Beberapa contoh strategi marketing yang sering digunakan dalam bisnis online seperti SEO (Search Engine Optimization), content marketing, social media marketing, KOL marketing, dan masih banyak lagi.
Bangun Online Presence
Sekarang, semuanya serba digital. Semuanya butuh internet. Jadi, online presence bisa sangat membantu membangun awareness bisnis kamu. Semakin sering orang terekspos dengan produk kamu, maka semakin besar peluang kamu untuk meningkatkan penjualan.
Salah satu cara membangun online presence di internet adalah dengan menggunakan omnichannel, dimana semua platform bisa terkoneksi. Saluran yang kamu gunakan seperti website, media sosial, hingga e-commerce bisa terkonfigurasi satu sama lain dan berjalan secara bersamaan. Salah satu kelebihan lainnya adalah dari segi pengelolaannya yang bisa sekaligus sehingga informasi di semua platform bisa sama tapi tidak menghabiskan waktu banyak.
Optimalisasi Search Engine
SEO menjadi salah satu strategi marketing yang paling sustainable, terutama untuk membangun online presence di dunia maya. Dengan memanfaatkan mesin pencari seperti Google atau Bing, kamu bisa dengan mencapai target pasar yang tepat karena algoritma mesin pencari tersebut akan mengarahkan penggunanya ke halaman yang mereka cari. Menggunakan backlink, mencantumkan keyword yang tepat, menggunakan CTA (Call to Action) bisa jadi cara mengoptimalisasi search engine.
Aktif Promosi
Langkah selanjutnya adalah dengan aktif promosi di media-media yang biasanya jadi tempat target audiens berkumpul, seperti media sosial. Strategi marketing yang bagus akan sia-sia jika tidak dibarengi dengan keaktifan melakukan promosi. Tidak perlu perlu kampanye besar-besaran apalagi jika kamu memulai bisnis baru yang notabene tidak punya modal besar. Cukup dengan konsisten berpromosi untuk meluaskan awareness produk.
Kelola dan Evaluasi
Terakhir, memulai bisnis online berarti kamu harus siap untuk bekerja 24/7. Artinya, kamu harus mengelola bisnis kamu secara berkala untuk memastikan bisnis kamu bertumbuh dan menjangkau audiens seluas mungkin. Pastinya, akan ada kendala-kendala yang dialami dalam mengelola bisnis untuk pemula seperti kamu. Evaluasi permasalahan yang dialami dan cari solusi tepat untuk mengatasinya.
Itulah tadi 7 langkah mudah memulai bisnis online bagi pemula. Jadikan dirimu tetap update dengan informasi seputar edukasi, worklife, dan bisnis melalui konten-konten yang ada di FitAcademy. Kamu juga bisa mengikuti kursus yang ada untuk mengembangkan skill yang kamu punya. Tidak perlu takut video pembelajarannya membosankan karena FitAcademy sudah menerapkan konsep microlearning. Cari tahu lebih lanjut tentang FitAcademy di link berikut ini.